Saturday, September 26, 2009

Ma'rifatullah dalam Injil

Ma'rifatullah artinya Mengenal Allah.

Perhatikan baik baik penjelasan terhadap Yohanes 14 6-11 dibawah ini
________
14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
________
Maksud ayat tersebut bisakah anda mengenal Tuhan jika anda belum mengenal Yesus?.
Di ayat ini pun Yesus mengajak umatnya percaya bahwa Yesus sebagai utusan Tuhan yang menunjukkan jalan kebenaran
_________

14:7 Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia."
_________
Di ayat 14:7 Yesus menjelaskan bagaimana mengenal (ma’rifat) kepada Tuhan,
Untuk jelasnya kita lanjutkan dengan ayat berikutnya.
_________

14:8 Kata Filipus kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami."
_________
Nah loh, Filipus sendiri yang murid langsung Yesus bertanya "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami."
Padahal ini merupakan dialog guru dan murid sebelum perpisahan.
Maksudnya semua ilmu ketuhanan dan jalan kebenaran telah diajarkan Yesus kepada muridnya.
Anda berani mengatakan Filipus murid goblok?, mau diwisuda kok bertanya hal sepele seperti itu?, ini bukanlah pertanyaaan sepele. Pertanyaan ini adalah mewakili pertanyaan semua manusia yang ingin mengenal Tuhannya.

Berani nggak ente mengatakan bahwa Filipus telah murtad karena tidak percaya sebelum ada pembuktian zat Allah dengan cara melihat langsung?

Dari ayat ini jelas membuktikan keimanan murid Yesus bahwa zat Tuhan Allah tidaklah sama dengan Yesus. Mereka tidak mengenal trinitas.

Dan permintaan Filipus tersebut bukanlah hal baru, nabi Musa pernah memohon kepada Tuhan agar menampakkan diri.

Bacalah ayat selanjutnya, betapa bijaksananya Yesus menjelaskan bagaimana mengenal Tuhan tanpa melihat zat Tuhan.
________

14:9 Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.

________

Filipus tidaklah sama derajatnya dengan Musa dan nabi yang lain karena itu permintaan Filipus tersebut jelas ditolak.
Namun Yesus mengajarkan cara bagaimana Filipus dapat melihat Tuhan.
______
14:10 Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.
______
“Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku?”
Betapa ucapan Yesus tersebut adalah suatu pengajaran tingkat tinggi, Orang yang dangkal pemikirannya akan mengatakan bahwa Yesus kerasukan ruh Tuhan atau Yesus mengatakan bahwa dia adalah Tuhan.
Yang sebenarnya hendak dikatakan Yesus adalah “wahai Filipus (manusia sekalian) masihkah engkau meragukan bahwa jasadku, jasadmu, bumi, langit beserta isinya adalah Firman Tuhan?, tidakkah engkau saksikan bahwa aku ini rasul dan bahwa
“Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri?” akan“ tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.”

Dengan kata lain “wahai sekalian manusia, tidakkah engkau saksikan bahwa aku (yesus) adalah rasulullah sang penyampai wahyu yang diberikan padaku oleh Nya?
_______

14:11 Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.

Wahai Filipus dan sekalian manusia bagaimanakah kamu dapat melihat Tuhan jika Kamu tidak “Percaya kepada-Ku?, bahwa “Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku”
yang berarti “…melalui Aku (Allah) mereka (makhluk) mengenalKu (Allah)”, yang maksudnya tiada lain Allah sajalah yang memberi pengajaran tentang ma'rifat tersebut
atau dengan kata lain “Laa Huwa illaa Huwa (dia (Yesus) bukan Tuhan tetapi tidak lain dari pada-Nya”.

Apakah masih juga belum mengerti? (karena taraf kecerdasan umat berbeda beda) maka tiadalah mengapa mengimaniku dengan melihat mukjizat yang telah kutunjukkan kepada kamu sekalian “atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.”

Setelah mengajarkah arti mengenal Allah dan semua muridnya mengerti apa yang diajarkan Yesus

16:30 Sekarang kami tahu, bahwa Engkau mengetahui segala sesuatu dan tidak perlu orang bertanya kepada-Mu. Karena itu kami percaya, bahwa Engkau datang dari Allah."
16:31 Jawab Yesus kepada mereka: "Percayakah kamu sekarang?


Dengarlah bagaimana Yesus yang mulia adalah guru yang penuh hikmah.
Sudah banyak bukti dan penjelasan ayat ayat Allah tetapi mengapa manusia mengingkarinya sedangkan bukti itu tepat berada dipelupuk matanya.

Inilah momen yang sangat mengharukan karena semua muridnya mengetahui bahwa inilah saatnya mereka terakhir melihat Yesus.

maka Yesus bersaksi kepada Allah bahwa dia telah menunaikan tugas kerasulannya.

17:3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.
17:4 Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya.
17:5 Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.
17:6 Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu.
17:7 Sekarang mereka tahu, bahwa semua yang Engkau berikan kepada-Ku itu berasal dari pada-Mu.
17:8 Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

0 comments: